Berbeda dengan cat dinding, wallpaper memiliki kesan tersendiri bagi para penikmatnya entah dari sisi pengguna ataupun orang yang melihatnya. Tidak hanya dalam gedung hunian, kita pun pasti sering menjumpai beberapa wallpaper terpasang pada tempat-tempat umum seperti contoh, rumah sakit, mall, hotel, restoran dan banyak lainnya.

Dengan pilihan jenis serta motif yang beragam ini membuat wallpaper dinding juga bisa dijadikan sebagai pelengkap desain sebuah kamar tidur. Bukan cuma sebagai pendukung segi dekoratif, pemasangan wallpaper  pada kamar tidur juga memiliki banyak manfaat lain seperti, untuk menutup retakan dinding, membuat suasana kamar sesuai karakter penghuni dan yang pasti lebih bisa membuat nyaman.

Apabila ingin melakukan pemasangan sendiri wallpaper dinding sendiri pada ruang kamar anda, beberapa langkah sederhana ini mungkin bisa jadi petunjuk agar wallpaper dapat terpasang dengan baik dan benar.

Berikut adalah cara mudah memasang wallpaper dinding pada ruang kamar tidur:

  • Langkah Pertama “ Siapkan Bahan dan Peralatan “

Siapkan-Bahan-dan-Peralatan

Selain bahan utama wallpaper, dalam pemasangan wallpaper tentu memerlukan beberapa peralatan. Untuk bahan dan peralatan yang perlu anda siapkan diantaranya :

~ Wallpaper dinding

~ Lem khusus wallpaper

~ Kuas Lem

~ Meteran panjang

~ Pensil

~ Alat pemotong ( cutter atau gunting )

~ Spons busa

~ Lap kering ( halus )

  • Langkah Kedua “ Pengukuran Dinding dan Wallpaper “

Pengukuran-Dinding-dan-Wallpaper

Jika bahan dan peralatan telah siap, maka anda bisa menuju ke proses selanjutnya yaitu pengukruan dinding dan wallpaper. Pertama ukur panjang serta lebar dinding ruang kamar menggunakan meteran, supaya tidak lupa tulis menggunakan pensil pada dinding itu sendiri.

Bila ukuran dinding telah didapat maka kemudian ukur wallpaper yang dibutuhkan sesuai dengan ukuran dinding tadi lalu potong menggunakan cutter. Untuk mengantisipasi kesalahan berikan space lebih pada ukuran wallpaper sekitar 5 sampai 10 cm.

  • Langkah Ketiga “ Pengeleman Wallpaper “

Pengeleman-Wallpaper

Setelah semua ukuran didapatkan maka proses pengeleman wallpaper bisa dilakukan. Lem khusus wallpaper ini bisa akan didapatkan dari toko jual wallpaper dinding itu sendiri.

Untuk pengaplikasiannya gunakan kuas yang telah disiapkan. Oleskan lem pada seluruh bagian dalam wallpaper secara merata, jangan terlalu banyak ataupun sedikit karena itu bisa mempengahuri hasil dari tampilan wallpaper.

  • Langkah keempat “ Pemasangan Wallpaper ”

Pemasangan-Wallpaper

Untuk proses pemasangan wallpaper bisa dikatakan gampang-gampng susah. Bila ukuran dinding cukup besar maka perlu bantuan tambahan dari teman atau anggota keluarga lain.

Sebab ketika wallpaper diangkat saat dipasang terdakang dia menggulung ke bentuk semula. Jadi dengan adanya bantuan orang lain ini akan membuat wallpaper bisa terpasang dengan lebih rapi dan rata.

  • Langkah kelima atau terakhir “ Pembersihan Wallpaper “

Pembersihan-Wallpaper

Bila pemasangan wallpaper telah selesai dilakukan, langkah terakhirnya adalah pembersihan. Gunakan spons busa untuk menghilangkan sisa lem pada wallpaper, terutama pada bagian sambungan.

Jika sisa lem dibiarkan dan tidak dibersihkan, maka itu akan menjadi noda serta mengurangi tampilan dari wallpaper itu sendiri. Tidak lupa lap juga seluruh bagian wallpaper memakai lap bersih agar tidak ada kotoran lain yang tersisa.

Selain untuk pembersihan ini juga salah satu cara supaya wallpaper terpasangan dengan lebih rata.

Itu adalah bagaimana cara memasang wallpaper dinding kamar. Tidak hanya mudah dilakukan, ini juga lebih menghemat biaya pengeluaran ketika ingin mengaplikasikan wallpaper dinding di area kamar tidur. Uang yang awalnya akan dipakai untuk biaya pemasangan, bisa anda manfaatkan pada kebutuhan lain.

Leave a Reply