Dekorasi interior untuk dinding sekarang ini tak melulu hanya pada cat tembok semata. Saat ini dinding rumah bukan hanya sekedar sebagai pembatas antar ruang pada sebuah ruangan, namun telah menjadi tempat untuk mengkreasikan atau mengekspresikan dari para penghuninya. Wallpaper dinding merupakan salah satu penutup dinding modern yang banyak disukai oleh kalangan masyarakat.

Apabila dibanding dengan cat tembok, menggunakan atau menerapkan sebuah wallpaper dapat mempercantik sebuah ruangan sebab memiliki banyak motif dan corak. Itulah sebabnya kenapa wallpaper digemari oleh sebagian besar masyarakat agar sebuah ruangan terlhat semakin menarik, cantik dan elegan.

Wallpaper Solusi Tepat Mempercantik Dinding

Tetapi, jika dilihat dari segi harga sebetulnya wallpaper tak berbeda jauh dengan cat tembok, namun kesan apabila kita menerapkan sebuah wallpaper tentu akan jauh lebih bagus dan menarik ketimbang menggunakan cat tembok biasa yang terkesan monoton. Meskipun harga wallpaper sedikit lebih mahal, namun tak membuat banyak orang enggan menggunakannya. Justru sekarang ini wallpaper telah banyak digunakan di rumah-rumah, apartemen, ataupun perkantoran.

Dan berdasarkan permukaaannya, wallpaper bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni vinyl dan kertas. Selain itu untuk mengetahui perbedaan permukaan wallpaper adalah, untuk wallpaper kertas memiliki sebuah permukaan yang tak terlalu mengkilap, sedangkan vinyl memiliki permukaan yang terlihat mengkilap. Bahan yang dipergunakan untuk membuat wallpaper kertas ialah menggunakan kertas biasa sehingga gampang robek jika dibandingkan dengan vinyl yang memiliki kekuatan lebih bagus.

Untuk perawatan sebuah wallpaper sangatlah mudah sebab cukup dibersihkan dengan menggunakan lap kering ataupun kemonceng, sedangkan untuk membersihakan wallpaper yang menggunakan bahan vinyl cara untuk membersihkannya cukup dengan menggunakan lap basah. Salah satu keunggulan wallpaper berbahan kertas yakni bisa didaur ulang, sedangkan untuk yang menggunakan bahan vinyl tak bisa untuk didaur ulang, sehingga tak ramah lingkungan.

Terdapat dua pilihan untuk lapisan bawah wallpaper, yaitu menggunakan kertas dan kain. Dan untuk anda yang sering berpindah-pindah rumah, sebaiknya menggunakan wallpaper dengan lapisan kain justru lebih bagus, sebab sifat kain tersebut tak gampang robek sehingga dengan mudah bisa dicopot atau dilepas. Sedangkan wallpaper yang menggunakan kertas sebagai lapisan bawahnya kan mudah robek ketika akan dilepas.

Wallpaper pada umumnya banyak dijual dalam bentuk rol atau gulungan. Selain itu wallpaper dapat diterapkan pada semua ruangan seperti wallpaper dinding kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga dll. Untuk proses pemasangan wallpaper tidaklah sulit dan tak membutuhkan sebuah keterampilan khusus. Proses awal pembersihan sebuah wallpaper yaitu dengan membersihkan terlebih dahulu dinding yang akan dipasang wallpaper dari debu dan kotoran yang menempel. Apabila dinding telah bercat, selanjutnya bersihkan terlebih dulu cat lama tersebut kemudian diberi lapisan plamur. Berikutnya ialah jika sebuah dinding terdapat permukaan yang retak, sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu supaya mendpatkan hasil yang bagus dan memuaskan. Gunakanlah sebuah lem khusus seperlunya saja dan jangan sampai terlalu berlebihan sebab akan membuat permukaan wallpaper tak rata.

Apabila anda tak merasa yakin dan bingung untuk memasang wallpaper sendiri, sebaiknya pergunakanlah jasa ahli wallpaper yang handal dan sudah berpengalaman, sebab utnuk mengurangi atau meminimalisir robeknya wallpaper yang dikarenakan proses pemasangan yang salah dan kurang baik.

Selain itu dalam memilih motif dan warna yang tepat, harus dipertimbangkan dan diperhatikan berbagai fakor kesehatannya. Anda harus cermat dan hati-hati apakah wallpaper yang sudah anda beli termasuk solvent based ataupun water based. Berikut ini kami akan menjelaskan  pengertian dari water based dan solvent based :

1. Water based

Merupakan sebuah wallpaper yang menggunakan pewarna dengan bahan dasar air sehingga penggunaannya lebih disarankan untuk diterapkan sebab lebih ramah lingkungan. Dengan demikian banyak orang yang lebih memilih menggunakan wallpaper degan berbahan dasar air sebab aman untuk kesehatan anda dan keluarga.

2. Solvent based

Merupakan sebuah wallpaper yang menggunakan pewarna dengan bahan dasar thiner. Kandungan yang terdapat pada thiner bisa menempel pada wallpaper dinding dan tentu saja akan menimbulkan bau thiner pada ebuah ruangan yang telah dipasang wallpaper. Dan jika anda dan keluarga tiap hari mencium bau thiner tersebut maka akan menimbulkan polusi udara dalam rumah anda. Hal ini bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan anda dan keluarga.

Dan satu hal yang terpenting adalah, apabila anda merasa sulit untuk membedakan antara wallpaper water based dan solvent based, ada baiknya anda untuk mencium terlebih dahulu gulungan atau roll wallpaper. Apabila berbau thiner, sudah bisa dipastikan bahwa wallpaper itu ialah solvent based.

Selain memiliki beragam motif dan corak menarik yang membuat banyak orang jatuh hati terhadap wallpaper, juga memiliki banyak manfaat yang akan kita rasakan setelah menerapkan wallpaper tersebut di semua ruangan di dalam rumah anda.

Nah, berikut ini beberapa manfaat wallpaper dinding yang harus anda tahu, antara lain :

  1. Wallpaper bisa juga digunakan sebagai hiasan dinding pengganti lukisan yang sangat menarik jika melihatnya.
  2. Dapat meningkatkan mood yang lebih baik bagi para penghuniya dan dapat membuat orang menjadi lebih betah tinggal berlama-lama di dalam rumah.
  3. Dengan menerapkan wallpaper tentu saja anda akan bisa menghemat keuangan anda, sebab awet dan dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun.
  4. Hadirnya wallpaper di rumah anda dapat meningkatkan gairah dan semangat dalam memulai aktivitas sehari-hari.
  5. Proses pemasangan dan perawatan yang cukup mudah sehinga banyak orang yang beralih menggunakan wallpaper ketimbang cat tembok.

Leave a Reply